Granite Tile Vs Keramik

Granite Tile Vs Keramik

Banyak sekali pelanggan dan calon pelanggan kami yang bertanya mengenai keunggulan dan kekurangan antara granite tile dan keramik, mengingat saat ini penggunaan granite tile sudah sangat umum. Perkembangan teknologi di bidang bangunan yang begitu pesat saat ini juga semankin memberikan pilihan yang banyak kepada masyarakat.

Granite Tile sendiri mulai marak di pasar Indonesia kira-kira pada tahun ’95-an, dimana ukurannya hanya 60 x 60, kami rasa cukup aneh bagi orang Indonesia pada masa itu, saat ini Granite Tile sudah ada sampai ukuran 120 x 240 atau 160 x 320, jadi pertumbuhannya sangat pesat sekali, sampai menggeser penggunaan keramik – keramik biasa, Supaya masyarakat tidak bingung dan bisa dengan mudah menentukan mana yang harus di pilih antara granite tile atau keramik, maka Kami akan mencoba menberikan penjelasan mengenai keunggulan dan kekurangan masing – masing.

Kekuatan Body 
Jelas granite tile lebih kuat dan keras dibandingkan dengan keramik biasa, hal ini bisa dibuktikan pada saat melakukan pemotongan kedua jenis produk ini dengan menggunakan alat grinda..(bisa dikonfirmasi ke tukang – tukang yang berpengalaman). Granite tile diproduksi melalui proses pembakaran pada suhu diatas 1000 derajat celsius sehingga penyatuan material lebih padat dan sempurna serta di press dengan mesin berkekuatan 7200 PH..(semakin besar PH semankin kuat tekanan press, sehingga semankin padat dan keras ). Dengan demikian di lihat dari sudut kekuatan bodi, granite tile lebih unggul.

Ke-Kilap-an 
Diukur menggunakan alat gloss meter yang khusus mengukur tingkat kekilapan permukaan suatu benda maka disimpulkan bahwa kekilapan granite tile dan keramik biasa mencapai skala antara 60 s/d 80..ini berarti antara kedua produk ini kilapnya kurang lebih sama, yang membedakan adalah kilapnya granite tile sangat flat (datar) karena melalui proses pe-moles-an (polished) dan keramik biasanya agak bergelombang karena hanya di lapisi glasur supaya tampak kilap tanpa proses pe-moles-an.

Ketebalan Body 
Granite tile memiliki body tile yang lebih tebal dibandingkan dengan keramik. Granite tile memiliki ketebalan antara 7 – 12 mm tergantung ukurannya sedangkan keramik memiliki ketebalan antara 4 – 5 mm.

ketebalan granite vs keramik

Ketahanan Gores-an 
Keramik dilapisi glasur (bahannya pasir kwarsa) supaya tampak kilap, ini sangat tidak kuat terhadap goresan misalnya gesekan pada saat memindahkan furniture, alas sepatu yang berpasir,dll, sedangkan granite tile tidak dilapisi glasur tapi melalui proses pe-moles-an dan permukaanya sampai meng-kilap, jadi granite tile lebih tahan gores walaupun tidak anti gores untuk segala jenis benda (tidak kuat terhadap goresan paku, pecahan granit/keramik). Jadi Granite tile lebih unggul dibanding keramik.

Ketahanan Noda 
Keramik biasa sangat kuat terhadap segala jenis noda karena tidak memiliki pori – pori, sedangkan granite tile terdapat 2 jenis, pertama granite tile generasi 1 (disebut printing biasa) tidak tahan noda karena pori-porinya menyerap cairan sehingga menimbulkan flex, jenis kedua granite tile generasi 2-3 sama sekali tidak menyerap noda karena pori-porinya sudah ditutup melalui proses crystalisasi jadi sama seperti keramik biasa menjadi “anti noda”.jadi tinggal diputuskan mau yang jenis 1 atau 2 (dua-duanya baik). Pada saat ini granite tile yang beredar di masyarakan hampir semua sudah tahan noda, jadi Anda tidak perlu kuatir.

Persisi (ke-siku-an) 
Semua granite tile adalah cutting size, jadi tingkat persisi-nya sangat siku sekali hanya memerlukan 1mm lebar nat, sedangkan keramik biasa ada 2 jenis : ada yang uncutting dan cutting size jadi jika memakai yg uncutting maka lebar nat +- 2-3mm jadi tingkat persisinya kurang baik sedangkan jika memakai cutting size tidak bermasalah sama seperti granite tile persisinya.

perbandingan siku granite vs keramik

Perawatan 
Karena keramik lebih tidak tahan gores maka lama kelamaan permukaan akan penuh dengan goresan jadi terkesan kotor dan warna jadi kusam, tidak bisa diperbaiki lagi kecuali ganti baru, sedangkan untuk granite untuk masa tertentu juga memungkinkan menjadi kusam atau tergores, akan tetapi waktunya pasti lebih lama di banding keramik.

Harga 
Keramik lebih murah dibandingkan dengan granite tile, jadi silahkan pertimbangkan dengan segala keunggulan dan kekurangan masing-masing produk, akan tetapi biasanya ungkapan “ada harga,ada kualitas” ini sepertinya berlaku untuk membandingkan keramik dan granite tile, jadi masalah harga sangat relatif sekali.

Inilah penjelasan mengenai granite tile dan keramik biasa, semoga bermanfaat bagi semua calon pembeli baik itu pembeli keramik ataupun pembeli granite tile.

Untuk lebih jelas dapat melihat langsung atau hubungi tim sales di showroom kami

GOLDEN TILE

Jl.Baliwerti No.39 Surabaya

Telp 031-5342841

Hp / Wa : 0851 00 25 83 88 – 0813 58 23 99 98

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *