Tips Cara Pemasangan Granit Quadra Surface Big Slab

Golden Tile – Quadra Ultimate Design Surface mempunyai beragam ukuran yang dapat digunakan untuk semua kebutuhan. ukuran terbesar yang di miliki Granit Quadra adalah 320×160 cm. ukuran besar ini memberikan kemewahan, kemegahan, keindahan dan kekuatan yang tak tertandingi. pada artikel kali ini admin akan memberikan Tips cara Pemasangan Granit Quadra Surface Big slab dengan Benar agar hasilnya sesuai dengan yang di harapkan.

Pemasangan Granit Quadra surface big slab sangat berbeda dari pemasangan granit lantai pada umumnya seperti granit dan keramik biasa. pemasangan Quadra tukang harus ahli dan hati-hati dalam pemasangan supaya hasilnya maksimal. alat untuk pemasangan dipastikan berfungsi dengan baik supaya granit Quadra Aman sampai terpasang.

Pemasangan Granit Quadra di Lantai

1. Bersihkan area yang akan di pasangi slab dari segala kotoran (pasir, pecahan kayu, plastik, kotoran) gunakan water pass untuk memastikan area yang akan di pasang sudah rata.

2. Tuangkan adhesive (kategori C2TES1) ke dalam wadah (ember), campurkan dengan air bersih (sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan adhesive) dan aduk dengan mixer selama +/- 10 menit.

3. Lapisi bidang lantai yang akan dipasang slab dengan adonan adhesive menggunakan trowel 10mm. Hasil yang diharapkan adalah ketebalan adhesive +/-5 mm. Guratan adonan adhesive adalah sejajar sisi pendek lembaran slab.

4. Letakkan slab di atas troli dengan sisi belakang slab menghadap ke depan. Lapisi bagian belakang slab dengan adonan adhesive menggunakan trowel 4mm. Guratan adonan adhesive adalah sejajar sisi pendek slab.

5. Angkat slab dan rekatkan kedua sisi yang telah terlapisi adonan adhesive tersebut.

6. Tepuk-tepuk permukaan slab dengan menggunakan rubber beater. Hal ini untuk memastikan adonan adhesive sudah padat dan pejal serta menghindarkan adanya kantong udara di antara slab dan lantai.

7. Sebelum slab lembar berikutnya dipasang, maka selipkan spacer slab terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan proses pemasangan slab berikutnya

8. Untuk merapatkan dua slab yang sudah terpasang dilantai sehingga natnya sama lebar dan sesuai dengan ketebalan spacernya, maka gunakan alat closer. Putar mur yang ada di closer tersebut sehingga terjadi tarikan secara mekanikal dan merapatkan kedua slab tersebut.

9. Pasangkan leveller di spacer yang telah terpasang tadi. Hal ini untuk meratakan semua level permukaan slab. Leveller dikunci dengan tang penjepit khusus. Jarak antar leveller dan spacer adalah 35cm-40cm, disesuaikan jumlahnya dengan ukuran material.

10. Bersihkan nat dari kotoran dengan menggunakan sikat kecil. Isi nat dengan grout secara merata. Persiapkan grout sesuai rekomendasi produsennya. Nat harus terisi seluruhnya secara penuh. Setelah itu, bersihkan permukaan slab dari sisa grout dengan busa basah.

Pemasangan Granit Quadra di Dinding

1. Bersihkan area yang akan dipasangi dan gunakan water pass untuk memastikan dindingnya sudah rata.

2. Tuangkan adhesive (kategori C2TES1) ke dalam wadah (ember), campurkan dengan air bersih (sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan adhesive) dan aduk dengan mixer selama +/- 10 menit.

3. Lapisi dinding yang akan dipasangi slab dengan adonan adhesive menggunakan trowel 10mm. Hasil yang diharapkan adalah ketebalan adhesive +/- 5 mm. Guratan adonan adhesive adalah sejajar sisi panjang slab.


KETERANGAN :

Untuk pemasangan di atas 3 meter dan pemasangan dinding posisi di luar bangunan direkomendasikan untuk menggunakan angkur

STEP 1 :

Letakkan slab yang akan dipasang pada troli (sisi belakang slab menghadap ke depan), kemudian lapisi bagian belakang slab tersebut dengan adhesive menggunakan trowel 4mm. Guratan adonan adhesive adalah sejajar sisi pendek lembaran slab.

STEP 2 :

Angkat slab yang telah dilapisi adhesive ke dinding dan rekatkan kedua sisi yang telah terlapisi adhesive tersebut.

STEP 3 :

Tepuk-tepuk permukaan slab dengan menggunakan rubber beater. Hal ini untuk memastikan adonan adhesive sudah padat dan pejal serta menghindari adanya kantong udara terperangkap diantara slab dan dinding.

STEP 4 :

Pasang spacer di antara slab setelah itu pasang lembaran slab berikutnya di sebelah slab yang sudah terpasang.

8. Lakukan step sebelumnya (1-4) kembali. Kemudian pasangkan closer diantara 2 slab. Alat ini diperlukan untuk merapatkan dan menyamakan jarak antar 2 slab tersebut sesuai dengan ketebalan spacernya.

9. Selipkan leveller di spacer yang telah terpasang tadi. hal ini untuk memastikan permukaan slab memiliki kerataan yang sama. Leveller dikunci dengan menggunakan tang penjepit khusus. Jarak antar leveller dan spacer adalah 35cm-40cm, disesuaikan jumlahnya dengan ukuran material.

10. Setelah adonan adhesive mengering (minimal 1×24 jam), lepaskan spacer dan leveller. Hal ini dilakukan dengan cara memukul spacer dan leveller dengan palu karet secara vertikal. Isi nat dengan bahan grouting secara merata agar nat terisi seluruhnya secara penuh. Setelah itu, bersihkan permukaan slab sisi kiri dan kanan sepanjang nat dari sisa grout dengan busa basah. Setelah slab terpasang, bersihkan permukaan untuk memastikan tidak ada kotoran.

Dari artikel Tips Cara Pemasangan Granit Quadra Surface Big Slab semoga bisa membantu kalian yang sedang kesulitan dalam memasang Granit Quadra. jika artikel ini bermanfaat silahkan share.

Untuk yang ingin membeli Granit Quadra Surface bisa menghubungi kami Golden Tile sebagai Agen resmi granit quadra surabaya yang berlokasi jl. Baliwerti no. 39 alon-alon contong surabaya. 

1 thought on “Tips Cara Pemasangan Granit Quadra Surface Big Slab”

  1. Pertanyaan saya adalah berapa mm (millimeter) jarak yang terbaik antara granite ke granite pada floor dan pada dinding untuk granite big slab? Thanks

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart